Design Development

Pembagian Jaringan itu sama dengan keadilan Komunis

Orang IT, orang jaringan mungkin akan ngakak atau bengong liat judul ini bahkan bagi yang temperamental langsung masuk ke tegangan tinggi tanpa liat tulisan ini. Namun ini sebuah kisah nyata. saya sangat kaget dengan analogi seperti ini. Kalau yang sempat mampir kesini merupakan bagian dari IT maka silahkan menilai dalam hati saja.

Ada sebuah kasus dimana terjadi perebutan kekuasaan maksud saya koneksi ūüėÄ . Karena tidak diatur trafficnya maka ketika ada yang melakukan download, streaming dan lain-lain maka yang jerjadi adalah koneksi internet menjadi kacau. Ada yang tidak kebagian lah, ada yang sampai harus tethering sendiri, ada yang diam-diam aja karena dapat lagi asik melakukan silent download, ada yang malah fine2 aja tidak ada internet ya tidak kerja, ada yang teriak lambat padahal dia merupakan bagian dari pelaku yang mengakibatkan lambat.. so macam2 lah. Bagi saya ini masalah sepele. Tidak boleh juga bertindak langsung blok streaming dan tindakan ekstrem lainnya karena bukan solusi. Penggunaan koneksi internet itu beragam contohnya:

  1. Streaming untuk melihat tutorial, tapi sering ditumpangi dengan streaming musik, nonton film di jam kerja dsb
  2. Download file kerja, tapi sering ditumpangi dengan download bokep dll
  3. Penggunaan Spotify. Ya ampun lu streaming coy ga ada bedanya lu open youtube.

Solusinya adalah dibagi. Tetapi memang agak parah banget ya kondisi disini. Apa susahnya membayar khusus satu line baru buat satu divisi itu. Man.. tidak lebih dari 1,5 juta rupiah agar semua lancar. Biznet metro upto 30 MBps dipakai lebih dari 20 orang itupun kondisi di x 2 karena hp juga termasuk. Rontok bro koneksinya. Tambah dan bagi atau kalau pelit ya bagi koneksi. itu solusinya. Semua demi kelancaran dan kenyamanan kerja. Tidak ada maksud lain

Tetapi apa mau dikata, usulan pembagian dari saya, mengakibatkan kuping saya mendengar analogi aneh ini. Pembagian koneksi itu sama dengan logika komunis, karena diibaratkan ngasih uang ke semua orang , mau kerja atau tidak kerja semua dapat duit. Doeenggg … LoL .. Justru dengan pembagian ini malah akan semakin baik, makanya banyak yang menerapkan seperti ini melalui mikrotik dan kalau routernya canggih bisa langsung dilakukan saat itu juga. Dan saya sudah melakukannya duluan pembagian ini tetapi akhirnya ditolak dan saya terpaksa membuat kondisi kembali menjadi open tanpa bandwith manajemen. Kalau alasan salah satu IP mesti open tanpa kena manajemen kan bisa diatur. Entah lah otak saya sudah mikir dari A sampai Z bahkan kalau ada abjad lebih selain Z sudah saya pikirin juga, berhadapan sama lawan bicara yang cuma bisa dari A sampai B , saya yang menyerah, karena tiap energi yang keluar tubuh ini saya hitung. Tidak perlu saya sia-siakan energi untuk sesuatu yang tidak berguna.

Saya tipe orang lebih banyak mendengar daripada berbicara karena disitu ada sebuah proses analisa. Analisa itu dipakai buat menanggapi (kalau lawan bicara asik), memojokkan atau membalikkan sebuah argumen yang salah. Tapi kalau saya sudah tidak mau berbicara artinya gw malas bicara sama lo.

Saya malu sama diri saya sendiri saat nulis judul artikel ini hahahaha…

Facebook Comments

Pande Permadi

Pande Permadi. Hobby model kit diantaranya adalah Gundam. Kadang menggunakan C13, code13, root sebagai nicknamenya. Menyukai Linux sebagai OS Platform serta tertarik apapun yang berhubungan dengan Linux dan aplikasinya. Hal yang tidak disukai adalah Windows OS. Silahkan mengunjungi website resminya di www.pandepermadi.com

Komentar

Mungkin lebih tepatnya atau bisa juga dikatakan website ini sebagai blog pribadi. Sebagai pemilik website ini saya ingin memisahkan website pandepermadi.com yang crowded berisi profil dan portfolio kerja.

Stats

  • 0
  • 37
  • 0
  • May 3, 2020
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!