Design Development

Perbandingan atau Perbedaan JTEST dan JLPT

Ini perbandingan atau beda JLPT dan JTEST menurut saya. JLPT itu memiliki beberapa standar penilaian yaitu sampai 5 N1 N2 N3 N4 N5 sedangkan JTEST terbaru memiliki 3 AC DE dan FG (sebelumnya cuma dua yaitu AD – EF). Sebagai perbandingan :

JTEST A-C setara JLPT N1 N2
JTEST D-E setara JLPT N3-N4
JTEST F-G setara JLPT N5

Penjelasan Poin lengkapnya dapat menuju ke web jtest-indonesia.com

Menurut saya, malah peserta yang diuntungkan akibat pembagian yang cuma 3 dibanding 5. Katakanlah anda baru belajar bahasa jepang, otomatis anda ikut N5. Kemudian hari ingin melihat peningkatan hasil belajar. Maka ikutilah N5 sampai N1. Lalu ternyata anda susah mencapai passed N2 sedangkan target incaran perusahaan bergengsi itu katakanlah mesti N1. Apakah anda dikemudian hari akan ikut ujian N2 dulu kemudian baru mengikuti N1? Kelamaan.. orang lain mungkin sudah mengisi posisi pekerjaan yang anda impikan.

Kini kita singkat saja. Anda ikut JTest tingkat A-C tiap bulan ganjil. Kemudian ternyata anda lulus tingkat A-C. Secara tidak langsung anda sudah ikut ujian N2 N1 dan lulus. Apakah perusahaan akan melirik begitu melihat kualifikasi bahasa anda? Tentu Saja! J-Test ini sudah diakui pemerintah Jepang bahkan mudah untuk dimudahkan untuk Visa sekalipun. Ini yang banyak tidak diketahui peserta di Indonesia.

Sebagai developer dari si J-TEST ini saya menangkap secercah cahaya harapan bagi para pekerja perusahaan, mahasiswa dan senmon gakkou. Yaitu jika bisa dimudahkan, disingkat, ngapain sulit2.

 

SERVICE

Service adalah perbedaan yang paling mencolok antara JLPT dan J-Test. Memangnya kalian kalau daftar di JLPT, salah alamat, salah transfer, salah data , dan lainnya bakal dihubungi balik? Bakal di layani kah? Palingan uangnya hangus dan lain-lain. Kalau di J-Test kalian dilayani dengan baik, di tracking, dan uang bisa kembali jika salah transfer atau kelebihan. Ini kelebihan kami dibanding JLPT dan Lembaga penguji lainnya.

Ya sudah begitu saja, saya sih tidak mengerti bahasa Jepang dan belum pernah ke Jepang. Titip Gundam aja ya!!

Facebook Comments

Pande Permadi

Pande Permadi. Hobby model kit diantaranya adalah Gundam. Kadang menggunakan C13, code13, root sebagai nicknamenya. Menyukai Linux sebagai OS Platform serta tertarik apapun yang berhubungan dengan Linux dan aplikasinya. Hal yang tidak disukai adalah Windows OS. Silahkan mengunjungi website resminya di www.pandepermadi.com

Komentar

Mungkin lebih tepatnya atau bisa juga dikatakan website ini sebagai blog pribadi. Sebagai pemilik website ini saya ingin memisahkan website pandepermadi.com yang crowded berisi profil dan portfolio kerja.

Stats

  • 0
  • 37
  • 0
  • May 3, 2020
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!